Selasa, 11 Desember 2012

INSTALASI WINDOWS 8


Apa itu Windows 8?
Sebelum melakukan instalasi Windows 8 di PC/Laptop. Ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai Windows 8. Windows 8 adalah nama kode untuk versi selanjutnya dari Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard. Sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat Tablet sentuh. 
Microsoft secara resmi mengumumkan jadwal perilisan sistem operasi terbaru, Windows 8 pada 26 Oktober 2012 yang lalu, bersamaan dengan peluncuran komputer perdana yang menggunakan Windows 8. Microsoft telah megeluarkan versi Release Preview, untuk dicoba di seluruh dunia dan ditampung komentar mereka untuk pembangunan Windows 8 menjadi lebih baik. Pada 29 Februari 2012 Microsoft juga telah merilis Versi Consumer Preview sebelum di keluarkannya versi beta pada bulan Maret 2012. Microsoft juga telah merilis Versi Release Preview , ini merupakan versi terakhir percobaan Windows 8, yang tidak akan di utak atik lagi jika tidak ditemukan bug yang terlalu besar.

  Fitur-fitur Windows
o   Banyak fitur-fitur terbaru yang dikembangkan di Windows 8 yang menjadikan OS ini sangat begitu diminati para pengguna PC/Laptop maupun pengguna gadget. Karena tampilannya yang begitu dinamis menjadikan OS Windows 8 mulai diburu pengguna PC/Laptop tersebut. Diantara beberapa fitur-fitur menarik tersebut antara lain :
o   Desain aplikasi Windows 8 UI, yang dapat dibuat dari bahasa pemograman apa saja, Seperti : HTML/CSS, JavaScript, C, C++, C#, dll
o   Hilangnya tombol Start (Disukseskan oleh Start Screen dan Charms)
o   Kompatibel dengan Arsitektur Intel, AMD dan ARM (Khususnya Tablet)Kompatibel dengan Perangkat berspesifikasi rendah seperti Tablet, Laptop, Netbook, bahkan Smartphone
o   Windows Portabel di USB (Windows To Go)
o   Windows Explorer Sekarang Menggunakan Ribbon seperti Office 2010 & 2007 (Tombol menu file seperti Office 2010, tetapi interface menu file explorer seperti office 2007) 
o   Hybrid Boot, fitur untuk mempercepat waktu start-up dengan menyimpan memori inti Windows ke dalam hard disk dan me-load nya tiap booting 
o   Fitur recovery baru, Refresh dan Reset. Refresh akan mengembalikan semua file Windows ke kondisi awal/default tanpa mengubah pengaturan, berkas, atau aplikasi Windows 8 UI. Reset akan mengembalikan komputer ke kondisi standar pabrikan.
o   Rancangan baru dari Task Manager.
o   Proses Aktifasi Yang Mudah




Inilah Spesifikasi Komputer Yang Bisa Di Install Windows 8

Windows 8 merupakan sistem operasi paling baru keluaran Microsoft. Sebagai sistem oprasi paling mutakhir tentu saja membutuhkan spesifikasi komputer tertentu untuk menjalannya. Apa sajakah spesifikasi komputer yang bisa menjalankan Windows 8 ini?.
Minimal komputer yang bisa menjalankan sistem operasi Windows terbaru ini harus memiliki :
  • Prosesor berkecepatan 1 Ghz 
  •  2 Giga memori 
  •  Resolusi tampilan layar pun cukup tinggi yaitu 1366 X 768 pixel 
  •  Graphics Card yang kompatibel dengan Microsoft DirectX  
  • Sisa ruang harddisk 16 GB untuk Windows 8 versi 32-bit, dan sekitar 20 GB untuk Windows 8 versi 64-bit
Kelemahan dan Keunggulan Windows 8

Kelebihan Windows 8
  • Booting membutuhkan waktu yang singkat
  •  Sangat mendukung layar sentuh (touch screen) 
  • Tidak membutuhkan upgrade hardware komputerT
  •  elah mendukung Chip ARM 
  • Tersedianya Appstore Windows 8
   Kekurangan Windows 8
  • Adanya Ketidakharmonisan Metro UI dengan Aero UI 
  • Berpindah antar screen menjadi sulit 
  • Tidak bisanya merubah tiles menjadi icon 
  • Interface Metro yang kurang nyaman untuk desktop
 INSTALASI WINDOWS 8

1.      Masukkan DVD Windows 8 Installer, Lalu restart komputer anda.
2.      tur BIOS untuk First Device Priority di CD/DVD Room. agar booting melalui DVD.
3.      Tunggu hingga proses loading selesai. Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah, Pilihlah Indonesian pada Language, time, currency, and location, lalu klik Next
4.      Klik pada “Install Now” untuk melanjutkan penginstalan.
5.      erikut Cara Instal Windows 8 Edisi Developer

1. Masukkan DVD Windows 8 Installer, Lalu restart komputer anda.
2. Atur BIOS untuk First Device Priority di CD/DVD Room. agar booting melalui DVD.
3. Tunggu hingga proses loading selesai.
4. Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah, Pilihlah Indonesian pada Language, time, currency, and location, lalu klik Next.
5. Klik pada “Install Now” untuk melanjutkan penginstalan.
6. Centang pada “Accept the terms and conditions” dan kemudian klik “Next”.
 
7. Kita bisa memilih opsi apakah ingin meng-upgrade windows kita ke windows 8 Edisi Developer atau ingin melakukan fresh install, Namun saya asumsikan lebih baik fresh install aja, Pilih Custom (Advanced) untuk melanjutkan fresh install.
8. Disini kita dapat memilih pastisi yang ingin digunakan sebagai system, kita juda bisa untuk memformat, membuat partisi dll, buat partisi baru untuk system windowsnya. Setelah Anda mengkonfigurasi drive klik “Next
9. Setelah itu proses instalasi akan dimulai, tunggu sampai selesai.
10. Setelah itu menyelesaikan instalasi, Komputer Anda akan reboot dan akan mempersiapkan pengaturan2. Jadi silahkan menunggu beberapa saat.
 11. Akan muncul tampilan untuk pengaturan desktop Anda. Silahkan pilih “Express settings” yang pada layarnya tertera keterangan tentang apa saja settingan akan dilakukan. 














 12.Tidak seperti sistem operasi lain, pada Windows 8 Anda dapat login menggunakan account Windows Live. Jadi, Anda dapat memasukkan informasi account Windows Live Anda. 


          13. Jika tidak ingin menggunakan metode login ini, silahkan klik pada “I don’t want to log in with a Windows Live ID”.
 

14. Anda dapat memilih “Local account” untuk membuat Username dan Password untuk login ke Windows Anda.

15. Setelah semua informasi telah dimasukkan, klik “Next”. Sekarang Windows akan mengkonfigurasi pengaturan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar